Rabu, 06 April 2011

QUR'AN TERKECIL

Al Quran MiniThumbnail foto Al-Quran yang terdapat pada posting ini merupakan Al-Quran koleksi dari Almarhum Bapak saya (silakan klik foto tersebut untuk melihat lebih jelas). Al-Quran ini memiliki ukuran fisik yang sangat kecil dengan ukuran area ayat-ayatnya yang nyaris sama kecilnya dengan Al-Quran terkecil didunia. Secara fisik, Al-Quran yang memiliki ketebalan 496 halaman ini memiliki ukuran panjang 3,1 cm, lebar 2,2 cm dan tebal 1,8 cm. Tetapi, jika margin kiri, kanan, atas dan bawah diabaikan, maka Al-Quran ini memiliki panjang 2,2 cm dan lebar 1,9 cm.

Konon Alquran terkecil telah dicatat dalam Guinness Book of Record merupakan milik seorang dokter asal Pakistan, Muhammad Karim Beebani. Menurut Karim yang bekerja di sebuh rumah sakit di Jeddah, Alquran tersebut didapatnya di Inggris. Namun, di dalamnya tercatat bahwa Alquran mungil itu dicetak di Kairo, Mesir, tahun 1892. Alquran ini hanya terdiri atas 571 halaman dengan ukuran panjang 1,7 cm, lebar 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Sumber: Tokoh
Menurut almarhum Bapak yang sempat melakukan pengujian kepada beberapa ahli Al-Quran, Al-Quran yang dinyatakan memiliki 114 surat lengkap ini didapatkan dari seseorang tak dikenal. Pada saat itu Bapak masih menjadi mahasiswa di Bandung dan orang tak dikenal itu tiba-tiba saja muncul meminta bantuan uang untuk membeli makan. Namun karena saat itu Bapak tidak memegang uang, maka Bapak memberikan baju dan sepatunya. Sebagai rasa terimakasih, tanpa diduga orang tak dikenal itu memberikan Al-Quran kecil ini kepada Bapak. Siapa orang itu hingga kini merupakan pertanyaan yang belum bisa dijawab.
“Ini adalah salah satu barang koleksi milik Bapak,” kata Ibu ketika menyerahkan Al-Quran yang sebelumnya saya tanyakan keberadaannya ketangan saya. “Tolong kamu simpan baik-baik.” Ya, insya Allah akan saya simpan baik baik Bu, lalu saya titipkan ke istri saya untuk segera menyimpannya.
Tidak berapa lama, istri saya berkomentar, “Hanya perasaan aku saja atau bukan, Al-Quran ini rasanya hangat dalam genggaman tangan Yuli Bu,” katanya kepada Ibu. “Memang,” jawab ibu Enteng. “Coba kamu pegang, memang Al-Quran ini kalau dipegang akan terasa hangat,” kata Ibu seraya menyuruhku untuk mencoba menggenggam Al-Quran ini. Ya, mungkin ini adalah salah satu hal yang sulit diterangkan akal sehat, rasa hangat itu menjalar perlahan dalam genggaman tangan. Hal yang sama pun terjadi beberapa menit yang lalu ketika saya hendak memotret Al-Quran tersebut untuk saya upload dan tuliskan dalam blog.
sumber: http://riyogarta.com/2006/10/30/salah-satu-al-quran-terkecil-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar